Senin, 03 September 2012

Pengertian Blog


1.  Pengertian sebuah blog
Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah web portal bagi perusahaan(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog).
2.  fungsi Blog
Salah satu fungsi Blog adalah sebagai sarana untuk mengekspresikan pendapat, berbagi cerita dengan orang lain di seluruh penjuru dunia, bisa juga sebagai tempat atau sarana untuk mencari uang, dan masih banyak fungsi lainnya.
Fungsi Blog yang paling bermanfaat adalah dengan membuat blog kita mempunyai kesempatan untuk menghasilkan uang melalui blog kita.
Melalui keterangan singkat di atas akan saya paparkan apa saja guna/fungsi blog.
1.Blog sebagai media searah:Bentuk ini hanya memaparkan pengalaman hidup penulis,atau satu nukilan, semata-mata hanya suka-suka saja, kemudian menutup ruang komen bagi pembaca.
2.Blog sebagai media dua arah:Bentuk ini serupa seperti yang pertama, hanya saja dengan cara ini, mampu memberi peluang kepada pembaca untuk memberi komen serta mengenali penulis seterusnya menjalin persahabatan melalui blog itu.
3.Blog sebagai media berbagai Tujuan:Bentuk ini pun hanya memiliki perbedaan tipis dengan dua bentuk diatas, jika keduanya hanya di buat dengan seadanya, yang ini di buat dengan tujuan tertentu. Diantaranya sebagai maklumat dan pendidikan, promosi barang jualan, dan pengiklanan.
· Maklumat dan Pendidikan:Blog jenis ini hanya boleh di buat oleh penulis yang berpendidikan ataupun yang mempunyai pengalamannya sendiri.
· Promosi barang/jualan :Blog jenis ini sekiranya kita tidak mampu membuatnya kita boleh mengupah orang lain, yang penting kita ada barangs sendiri atau pun mengedarkan barangan orang lain yang ingin kita pasarkan.
· Pengiklanan:Blog jenis ini saya dapati adalah blog yang lebih mudah digunakan, kita hanya perlu mengetahui sedikit sebanyak cara dan teknik “blogging”.  Bagi yang mampu bisa menggunakan domain dan hosting yang membutuhkan biaya seperti di www.namsahaz.com serta mengunakan weblog www.wordpress.com Salah satu contohnya adalahGoogle Adsense” dan ini juga disebut dengan “pay per click”. Apabila kita menggunakan blog bentuk ini, maka kita berperan sebagai “Adsense Publisher”, yang mana kita berkerja dengan Google sebagai majikan. Setiap iklan yang diklik akan dibayar berupa cek setelah sampai minimum USD100 apabila nilai minimum tidak dapat dicapai pada bulan itu, maka akan dibawa ke hadapan hingga nilai USD100 cukup dan cek akan tiba di tangan anda.
3.  Macam-macam Blog

1. Wordpress.com
Sebenarnya Wordpress itu ada dua tipe. Pertama adalah yang ada di Wordpress.com yang kapasitasnya sekitar 50 MB. Untuk mendapatkannya Anda cukup sign up ke Wordpress.com dan mengikuti langkah-langkah yang ada. Cukup mudah dan cepat. Selain Wordpress.com ada pula yang beralamatkan di Wordpress.org. Untuk mendapatkannya, Anda harus mendownload terlebih dahulu baru kemudian melakukan instalasi di web server yang Anda miliki. Kapasitasnya tergantung seberapa besar web hosting yang Anda sewa. Antara yang pertama dan kedua ada perbedaan yang amat mencolok yaitu di sisi kustomisasi. Di Wordpress.com, Anda tak bisa mengedit theme yang Anda gunakan karena emang di sana tak disediakan fasilitas theme editor sebagaimana kalau Anda menginstall Wordpress di web server Anda sendiri. Selain itu, Anda pun tak bisa menambahkan aneka plugin sebagai pelengkap sebab Wordpress.com juga tak menyertakan plugin editor dan fasilitas untuk meng-upload plugin yang ada di internet. Fasilitas yang ada di Wordpress secara umum sudah lumayan lengkap. Ada fasilitas upload file (pdf, doc, file gambar, exe dll), penggantian bentuk link, pembuatan blogroll, penggantian theme/plugin, multi user dan sebagainya. Satu lagi yang unik dari Wordpress adalah ketika kita udah login di account Wordpress, maka ketika kita akan memberikan komentar ke blog orang lain yang memakai Wordpress juga, kita tak perlu menuliskan nama, alamat blog dan email karena udah otomatis sehingga menghemat waktu.
2. Wokaylah.com
Wokaylah.com dibangun dengan blog engine yang sama dengan Wordpress sehingga tampilan keduanya sangat mirip sekali (kalau tak mau dibilang sama). Yang beda mungkin adalah logo Wordpress yang udah diubah menjadi logonya wokaylah serta format alamat blog yang akan kita dapatkan nantinya. Kalau di Wordpress.com, alamat blog Anda adalah NAMA-ANDA.wordpress.com sedangkan di wokaylah.com alamat blog Anda adalah NAMA-ANDA.wokaylah.com. Semua fasilitas yang ada di Wordpress, hampir semuanya ada di wokaylah.com. Perbedaan yang lumayan mencolok adalah kalau di wokaylah.com fasilitas seperti theme editor dan plugin editor masih bisa kita gunakan sehingga tampilan blog kita lebih mudah untuk diutak-atik sesuai keinginan kita. Namun sperti juga Wordpress.com, wokaylah.com juga tak menyediakan fasilitas untuk meng-upload theme dan plugin baru sehingga terpaksa harus menggunakan yang udah disediakan secara default oleh pihak wokaylah.com. Bagi yang udah biasa makai Wordpress pasti tak akan kesulitan memakai blog ini.
3. Blogger/blogspot
Blog gratisan yang satu ini tak perlu dibahas lebih dalam lagi karena emang udah sangat terkenal dan dipakai secara luas. Namun saya sendiri kok tak begitu tertarik dengan blog yang satu ini. Maklum aja, sejak awal tampilannya saya tak begitu tertarik. Entah mengapa kok lumayan banyak juga orang yang memakainya. Mungkin karena cukup mudah dan simpel. Apa karena orang-orang udah tahu bahwa blog yang satu ini udah dibeli oleh Search Engine Terkemuka, Google.com ataukah karena anggapan mayoritas orang Indonesia bahwa kalau air minum dalam kemasan itu ya Aqua dan kalau e-mail itu ya Yahoo! .... entahlah :). Satu hal aja yang perlu Anda ingat ketika Anda mendaftar di blogger.com maka alamat blog Anda bukannya NAMA-ANDA.blogger.com akan tetapi NAMA-ANDA.blogspot.com, mengapa begitu? Saya sendiri juga tidak tahu???
4. Blogster.com
Dilihat dari namanya, nampaknya Blogster.com ingin mengikuti jejak kesuksesan Friendster.com. Tapi apakah blogster.com udah sesukses Friendster.com ataukah belum, saya sendiri tak begitu yakin akan hal itu. Mengapa? Ya, menurut saya dengan menempatkan iklan di blog milik anggotanya itu sudah merupakan suatu tindakan yang cukup mengganggu. Meskipun kita semua juga sadar bahwa barang gratisan itu memang selalu ada konsekuensinya. Namun, kalau ada yang gratisan yang lebih ‘bagus‘ mengapa tak dimanfaatkan???
5. Blog Rediff (Rediffland.com)
Layanan Rediffland merupakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan ketika kita udah mendaftar account e-mail yang kapasitasnya diklaim ‘unlimited‘ yaitu Rediff.com. Anda bisa memakai user name dan password Rediff.com untuk membuat blog Rediffland. Secara tampilan, blog Rediffland sangat biasa sekali dan malah terkesan sangat ‘kuno‘. Untuk menullis posting saja langkah-langkah yang harus dilalui sangat bertele-tele dan tak efisien menurut saya. Tapi kalau Anda ingin sesuatu yang aneh, bisa saja mencoba yang satu ini.
6. Blogsome.com
Bagi Anda yang ingin melihat Wordpress yang udah ‘dirombak habis-habisan‘ maka blogsome.com merupakan pilihan yang tepat. Blogsome.com bisa dikatakan merupakan turunan dari Wordpress dengan berbagai penambahan dan pengurangan di sana sini. Perombakan yang menurut saya agak menyebalkan adalah soal Category. Saat menggunakan Wordpress kalau mau menambah suatu Category pada saat menulis suatu posting, maka kita tinggal mengetikkan nama Category di menu bagian kanan lalu klik Add atau dengan menekan tombol Enter. Akan tetapi kalau Anda ingin membuat Category di blogsome.com maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu sebelum masuk ke menu untuk menulis posting karena saat Anda menulis suatu posting yang dapat Anda lakukan adalah memilih Category yang telah Anda buat sebelumnya dengan memberikan tanda centang pada Category yang dimaksud. Cukup merepotkan bukan? Salah satu kelebihan blogsome.com dibandingkan Wordpress.com adalah masih disertakannya fasilitas mengedit theme (theme editor). Namun untuk mencapainya, sedikit berbeda dengan wordpress.com dan wokaylah.com yaitu Anda klik Manage> Files. Meskipun bisa diedit, tapi koleksi theme yang disediakan cukup tebatas dan variasinya kurang. Soal tampilan sih sangat subjektif. Silahkan Anda nilai sendiri.

Sebenarnya di internet masih banyak sekali blog gratisan yang bisa Anda coba dan gunakan,baik itu yang tinggal daftar lalu bisa langsung digunakan seperti Tblog.com, Blog.co.uk, iBlog.com, Blogdrive.com, Blogspirit.com ataupun yang harus di-download dahulu lalu dipasang di server seperti Movable Type, SBlog, atau BBlog.
4.  Cara membuat blog

Menurut RidwanAZ.com, ada dua layanan blogging yang telah diakui kehebatannya oleh para blogger di seluruh dunia. Yaitu Blogspot (blogger.com; sebuah layanan yang dimiliki oleh google) dan WordPress.com. Namun karena judul artikel ini adalah cara membuat blog di blogspot, jadi artikel kali ini akan membahas blogspot saja. Bagi kamu yang ingin membaca panduan wordpress silahkan baca di sini.
Untuk selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah cara membuat blog lengkap di berikut ini :
cara membuat blog1. Untuk memulai mendaftar blog di blogspot silahkan kunjungi alamat situs  www.blogger.com, setelah itu cari tombol Sign up (daftar) yang ada di pojok kanan atas, seperti gambar di bawah ini












2. Setelah tombol sign up diklik, nanti akan muncul aplikasi pendaftaran pembuatan akun gooogle, seperti gambar di bawah ini. Silahkan lengkapi aplikasi tersebut. Gambar di bawah ini merupakan contoh pengisiannya.
Penjelasan pengisian : pada bagian Name, Isi nama  depan dan nama belakang kamu.
- Pada Choose your username,  isi sesuai dengan keinginanmu, username ini nantinya berfungsi sebagai email login untuk akses ke dashboard blogspot kamu dan bisa juga untuk login ke Gmail. (jika username tidak tersedia, tambahka angka atau huruf di belakangnya),       -Pada Create a Password, isi password kamu (gunakan yang mudah diingat), pada Confirm your password silahkan isi dengan password yang sama dengan password pada kolom pada create a possword tadi.
cara membuat blog-Pada birth day isi tanggal lahir kamu.  Pada Phone, isi dengan nomor ponsel kamu, untuk Curent your email, dikosongkan saja.  Pada type the two pieces of text, ketikan dua buah teks kode yang ada di atasnya.  Selanjutnya beri tanda centang pada dua kotak kecil di bawahnya, dan yang terakhir Klik pada tombol Next step.
























cara membuat blog3. Setelah kamu klik pada tombol next, akan ditampilkan perintah verifikasi akun, silahkan masukan nomor ponsel kamu. Kemudian klik tombool Send Verifikation Code. Nanti kamu akan mendapat sms dari google yang berisi  kode aktifasi.










4.  SMS kode verifikasi dari google ke ponsel kamu akan tampak seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog
5.  Masukkan kode verikasi sms di atas pada kolom yang tampil, seperti gambar di bawah ini. kemudian klik tombol Verify
cara membuat blog
6.  Jika langkah sebelumnya berhasil, kamu akan menjumpai halaman seperti gambar di bawah ini. Untuk menambahkan foto silahkan klik add profile photo,  jika ingin langsung ke langkah selanjutnya silahkan klik tombol Next Step.
cara membuat blog


7.   Selanjutnya akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini. Ini merupakan tanda bahwa kamu telah memiliki sebuah akun google  berupa alamat email yang bisa digunakan untuk login ke Gmail.com dan blogger.com, selanjutnya silahkan klik tombol Back to blogger.





cara membuat blog 








8. Jika melihat halaman seperti gambar di bawah ini abaikan saja , biar lebih cepat dalam membuat blog. SIlahkan klik tombol lanjutkan ke blogger.
cara membuat blog
9.   Setelah itu kamu akan masuk ke halaman utama Dashboard blogger. Di dashboard ini kamu bisa membuat blog, menulis posting, mengatur tema dan lain-lain.  Untuk membuat blog pertama kali klik tombol Blog Baru.
cara membuat blog
10.  Setelah tombol blog baru diklik, akan muncul  jendela pembuatan blog.  Pada bagian Judul isi  Judul blog kamu, pada bagian Alamat isi dengana alamat blog yang kamu inginkan. Pada template, pilih salah satu template yang kamu inginkan.  Kemudian klik tombol buat blog
cara membuat blog
11. Setelah langkah-langkah di atas, blog kamu sudah berhasil di buat.  Untuk menulis posting silahkan klik tombol Pensil, sedangkan untuk melihat tampilan blog yang masuk kosong (belum ada artikelnya) silahkan klik tombol lihat blog.
cara membuat blog

 

12. Jika komputer yang kamu gunakan untuk membuat blog adalah komputer warnet atau laptop pinjaman, sebaiknya sebelum menutup laptop silahkan logout dulu dari Dashboard sebagai antisipasi keamanan akun blogspot kamu.  Cara klik pada tombol di pojok kanan  atas nama profilmu, kemudian klik tombol keluar. perhatikan gambar di bawah ini.
cara logout blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar